by

Cara Merawat Luka Diabetes Agar Tidak Menjadi Berbahaya

Diabetes merupakan penyakit yang memiliki masa penyembuhan yang cukup relatif lama ketika seseorang memiliki luka, atau mengalami goresan terhadap kulit yang menimbulkan kondisi kulit menjadi berdarah dan terbuka. Penyebab dari luka diabetes ini karena kadar gula yang ada pada tubuh seseorang yang cenderung lebih tinggi, sehingga gula darah yang tinggi dapat merusak saraf, membuat sirkulasi darah menjadi buruk, juga menurunkan sistem kekebalan didalam tubuh. Akibat dari penyakit ini yaitu, apabila seseorang terkena diabetes maka luka yang dialaminya akan sulit untuk  sembuh karena kondisi luka yang selalu basah, dan terbuka. Apabila tidak dirawat dengan tepat maka penyakit diabetes ini akan berdampak lebih berbahaya, lalu apakah ada cara untuk mempercepat penyembuhan luka diabetes? Sebelum itu anda harus mengerti cara merawat luka diabetes agar tidak berdampak lebih berbahaya. Mari simak penjelasan berikut.

  1. Membersihkan luka

Perawatan membersihkan luka ini adalah menjadi hal utama yang perlu anda perhatikan, dengan membersihkan luka diabetes dengan menggunakan air mengalir dan sabun maka akan membantu dalam menjaga kondisi luka tetap bersih sehingga tidak terinfeksi oleh jamur yang dapat menyebabkan masalah semakin memburuk. Anda juga dapat mengganti balutan luka secara rutin dan juga pemberian salep antibiotik agar kondisi luka lebih membaik.

  1. Jangan memberi tekanan pada luka

Ketika anda mengalami kondisi yang kurang nyaman terhadap luka anda, selalu usahakan untuk tidak memberikan penekanan pada luka. Mengapa demikian? memberikan tekanan pada luka malah akan membuat luka tidak akan kering-kering sehingga kondisi luka yang basah dan ditambah penekanan akan membuat kondisi luka semakin memburuk.

  1. Penting untuk mengetahui gejala infeksi pada luka

Infeksi yang terjadi pada penyakit diabetes akan menimbulkan gejala yang sangat spesifik terhadap tubuh , gejala-gejala infeksi ini adalah sebagai berikut, merasakan demam, kemerahan pada daerah luka, mengalami pembengkakan, daerah di area luka terasa hangat. Selain itu tanda gejala lainya adalah seperti luka yang mengeluarkan nanah, berair dan juga menimbulkan bau yang tidak sedap.

Seperti itu pemaparan mengenai cara merawat luka agar tidak menjadi lebih berbahaya, namun apabila ada yang ingin anda tanyakan seputar penyakit yang anda alami secara lebih jelas dan terperinci anda dapat mengunjungi https://www.guesehat.com/

Sekian dan terimakasih, semoga lekas sembuh ­čÖé

News Feed