Kandungan Mineral Terbaik Dalam Air Minum

  • 3 min read
  • Aug 05, 2020
Kandungan Mineral Terbaik Dalam Air Minum

Air minum atau air putih merupakan zat cair yang terdiri dari molekul hidrogen dan oksigen dan merupakan zat yang sangat dibutuhkan tubuh manusia yang mana baik untuk proses detoksifikasi atau pelepasan racun dalam bentuk keringat, ataupun kotoran dalam tubuh sehingga air putih dipercaya menjadi antioksidan. Selain itu, fungsi utama air merupakan pelepas dahaga serta pencegah dehidrasi yang minimal wanita mengkonsumsi 2,7 liter, dan 3,7 liter untuk pria.

Selain untuk menjadi antioksidan, air dibutuhkan oleh tubuh untuk membantu tubuh bekerja sebagaimana mestinya, seperti tulang punggung dan juga ginjal. Tulang punggung manusia terdapat bantalan sendi yang berfungsi untuk menjaga posisi tulang belakang dan air merupakan salah satu cara merawat bantalan sendi tersebut. Karena apabila bantalan sendi tersebut kekurangan cairan, bantalan yang berisi bahan mirip dengan gel tersebut akan menipis dan akan membahayakan tulang belakang itu sendiri. Begitu juga dengan ginjal yang saat tubuh mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan, maka akan berakibat pada sembelit, urine berwarna kuning dan berbau, hingga sakit pinggang yang terasa sangat menyakitkan yang bisa jadi ginjal Anda mengalami gejala batu ginjal, dimana gumpalan keras seperti batu yang umumnya terbentuk dari pembekuan kalsium karena kekurangan cairan[1].

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mencegah penyakit-penyakit tersebut dengan rajin minum air mineral paling sedikit 8 gelas sehari atau lebih saat aktivitas fisik Anda cukup banyak. Karena itu para dokter dan ahli sepakat untuk menyarankan minum air putih secara teratur. Dilansir dari HelloSehat.com[2], berikut beberapa kandungan air mineral terbaik dalam air minum yang berkhasiat untuk kesehatan tubuh :

  1. Kalsium

Kalsium merupakan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh tubuh karena berperan penting dalam penguatan struktur tulang manusia yang juga bisa diperoleh dari makanan atau susu dimana penelitian Journal Of Endocrinological Investigation mengungkapkan 255 wanita postmenopause yang rutin minum air mineral sehat dengan kandungan kalsium memiliki massa tulang yang lebih tinggi, dibandingkan wanita lainnya yang minum air mineral rendah kalsium.

  1. Kalium

Kalium merupakan mineral yang dapat membantu menstabilkan tekanan darah dan penyimpanan air dalam tubuh sehingga tubuh keseimbangan cairan dalam tubuh teregulasi dengan baik. Studi mengungkapkan juga setidaknya mendapat asupan 4,069 mg kalium per hari dapat menurunkan risiko kematian akibat iskemik jantung. Selain itu juga, kalium dapat membantu penguatan tulang seperti kalsium.

  1. Natrium

Natrium merupakan mineral selanjutnya yang berfungsi untuk menstabilkan kadar air dan ion dalam tubuh, menjaga tubuh kehilangan banyak cairan saat cuaca panas, dan juga untuk menjaga fungsi otot serta sistem saraf untuk bekerja dengan baik.

  1. Magnesium

Magnesium merupakan mineral dengan peran yang tak kalah penting untuk lebih dari 300 enzim yang bekerja dalam tubuh, sekaligus mendukung fungsi otot serta sistem saraf untuk bekerja, menyeimbangkan regulasi tekanan darah sehingga menurunkan dan menstabilkan penyakit kardiovaskular, hingga meningkatkan imunitas tubuh. Setidaknya, wanita mengkonsumsi air mineral sehat yang mengandung 310-32- mg magnesium per harinya, dan 400-420 mg untuk pria.

  1. Selenium

Selenium merupakan mineral yang juga sangat penting untuk tubuh karena memiliki antioksidan yang berfungsi untuk membantu tubuh mengeluarkan racun sehingga meningkatkan metabolisme tubuh. Selain itu selenium dapat mengurangi risiko gangguan jantung karena membantu tubuh juga untuk memperbaiki imunitas tubuh.

Dan semua mineral baik tersebut bisa Anda dapatkan dari air mineral sehat yaitu AQUA, yang menyajikan kebaikan dari alam yang diproses dengan sangat intensif baik dalam pengamatan, penyulingan, hingga pengemasan yang sangat higienis sehingga efektif untuk menjaga kandungan alami di setiap tetesnya. Karena setiap mata air yang ditemukan, diamati dan diteliti selama satu tahun dengan syarat dan kriteria yang sebelumnya telah ditentukan bersama dengan para ahli geologi dan geohidrologi yang juga dibantu dari beberapa universitas terkemuka[3]. Maka setelah semua syarat dan kriteria telah terpenuhi, dipilih lah mata air untuk AQUA yang terbaik untuk menjadi air mineral sehat sehingga aman untuk Anda konsumsi saat beraktivitas.

Tak lupa, AQUA juga melindungi ekosistem di sekitar sumber mata air. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk melindungi kealamian mineral dan keberlangsungan sumber air. Dengan demikian, AQUA bisa mengantarkan kebaikan air mineral kepada masyarakat Indonesia.

Apakah Anda minum air mineral sehat AQUA hari ini?

Referensi :

  1. https://www.halodoc.com/alasan-rajin-minum-air-putih-cegah-batu-ginjal
  2. https://hellosehat.com/hidup-sehat/fakta-unik/mengulik-3-kandungan-air-mineral/
  3. https://aqua.co.id/pengelolaan-sumber-daya-air-aqua