by

Mengintip Pergeseran Tren Makanan Sebagai Dampak Virus Corona

Setiap orang yang ada di belahan bumi pasti sudah paham dan mengerti bahwasanya saat ini virus corona merupakan salah satu pandemi yang cukup mengerikan dan sangat ditakuti oleh hampir seluruh negara yang ada di Indonesia. Hal ini bukan tanpa alasan melainkan karena dampak yang ditimbulkan apabila suatu negara terkena imbas corona adalah akan lumpuh perekonomian dan kesehatannya. Seperti contohnya adalah kita bisa lihat di Amerika dan Italia serta India di negara tersebut kondisinya sangat mengerikan. Di American sendiri jumlah kasus orang yang meninggal setiap harinya dikonfirmasi jumlahnya lebih dari 1000 orang. Sedangkan Italia saat ini sudah seperti kota mati karena pemerintahannya menerapkan kebijakan lockdown. Sedangkan di India terjadi kekacauan dan penjarahan karena pemerintahannya menerapkan sistem lockdown.

Orang tidak akan ada yang pernah tahu dan mengerti kapan pandemi ini akan berakhir. Nyatanya seperti di Indonesia sendiri misalnya masih banyak sekali korban yang berjatuhan karena virus corona. Setiap lini terkena dampaknya tidak hanya mereka yang duduk di tangga perekonomian paling atas tetapi nyatanya rakyat kecil juga banyak sekali yang terdampak karena virus ini. Ribuan karyawan dirumahkan dan otomatis jumlah pengangguran di Indonesia memang mengalami peningkatan. Lalu apa yang sudah dilakukan oleh pemerintah Indonesia? Pemerintah sudah menghimbau kepada seluruh rakyatnya untuk tidak keluar rumah bila tidak penting dan terapkan social distancing.

Dampak corona tidak hanya pada kesehatan dan ekonomi saja. Akan tetapi untuk tren makanan rakyat Indonesia juga sudah banyak yang mengalami perubahan. Hal ini dikarenakan salah satu kunci untuk tidak terkena corona adalah dengan menerapkan pola makan sehat. Oleh karena itu saat ini tren makanan masyarakat Indonesia sudah banyak yang mengalami perubahan atau pergeseran. Berikut ini adalah penjelasannya:

  • Makanan Sehat dan Organik Banyak Diminati

Dampak dari covid-19 ternyata membuat berbagai macam tanaman sehat dan tanaman organik banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Seperti yang telah dilaporkan oleh beberapa media bahwasanya omset untuk penjualan tanaman sehat dan tanaman organik mencapai 30%. Hal ini semakin menjadi bukti bahwa makanan sehat memang sedang banyak diminati oleh masyarakat Indonesia.

  • Masakan Rumah Mengalami Kebangkitan

Karena himbauan dari pemerintah yang sangat menganjurkan untuk hindari sentuhan dengan orang lain maka tidak heran bila memang saat ini sudah banyak sekali masyarakat Indonesia yang memasak makanan sendiri di rumah. Dengan kondisi seperti sekarang ini saat ini popularitas makanan rumahan telah mampu untuk menggeser makanan restoran. Hal ini karena masyarakat Indonesia banyak yang percaya bahwa makanan rumah atau makanan yang di masak sendiri memang lebih higienis.

  • Konsumsi Satwa Liar Turun

Pandemi corona ini pada awalnya dikabarkan berasal dari satwa liar kelelawar. Maka dari itu saat ini di Indonesia untuk penjualan satwa liar yang akan diolah menjadi makanan menurun secara drastis karena corona. Masyarakat masih banyak sekali yang percaya bahwa corona memang sumbernya dari pasar hewan liar di Wuhan yakni berasal dari kelelawar.

Sebenarnya dengan adanya pergeseran tren makanan tersebut adalah langkah dan awal yang baik bagi masyarakat Indonesia. Saat ini masyarakat sudah banyak yang mulai sadar dengan mengurangi makanan yang kurang sehat seperti junk food dan fast food yang memang disinyalir sebenarnya kurang sehat dan tidak baik untuk tubuh. Untuk konsultasi lebih lanjut seputar virus corona Anda bisa memanfaatkan aplikasi Halodoc.

News Feed