Macam-macam Test Covid-19 yang ada di SehatQ

  • 2 min read
  • Mar 01, 2021
Test Covid-19

Di tengah pandemi mobilitas masyarakat semakin tinggi, sehingga berdampak pada peningkatan kasus aktif orang yang terkena virus corona di Indonesia. Dengan adanya hal ini saya merekomendasikan setiap orang untuk melakukan pemeriksaan atau sebuah test covid mandiri yang saat ini telah beragam jenisnya seperti yang ada di SehatQ.com

Dalam layanan sehatq.com semua test corona tersebut memiliki hasil yang akurat sehingga jangan khawatir hasil yang di peroleh akan di buat-buat untuk kepentingan orang yang tidak bertanggung jawab. Hasil dari test tersebut juga sangat cepat, karena menggunakan teknologi yang sangat canggih dan juga modern. Ada banyak jenis test corona yang ada di sehatq.com yaitu, rapid test, PCR, Swab Test Antigen, dan test yang paling cepat yaitu test molekuler. Jadi kamu bisa memilih yang sesuai dengan keinginan dan juga kebutuhan kamu, jika kamu membutuhkan hasil test yang cepat karena kamu memiliki banyak urusan dan harus segera mendapatkan hasil test tersebut, maka sebaiknya kamu gunakan test cepat molekuler.

Jika semua masyarakat Indonesia mampu melakukan test-test corona tersebut, maka masyarakat juga sudah membantu dalam proses pencegahan dini, untuk mencegah penyebaran virus corona tersebut. Bukan hanya itu, ini juga bertujuan untuk melindungi diri serta orang-orang terdekat dari ancaman virus Sars-Cov-2. Demikian juga saya sarankan agar sebisa mungkin masyarakat tetap berada di dalam rumah masing-masing, dan jika memang ada keperluan yang sangat mendesak dan penting yang mangharuskan untuk keluar rumah, maka jangan lupa untuk tetap mematuhi protokol keshatan yang telah di anjurkan pemerintah.

Perbedaan dari Macam-macam Test Covid tersebut

Pasti kamu juga penasaran dengan perbedaan yang ada pada test covid tersebut, dan pastinya saya juga sudah merangkumnya di bawah ini, agar kamu semakin paham dan juga bisa memilih jenis test covid mana yang sesuai dengan kebutuhan.

Untuk jenis rapid adalah sebuah test covid yang cara melakukannya dengan cara mengambil sampel darah dari jari pasien dan selanjutnya akan di cek di laboratorium untuk mendetaksi apakah pasien yang telah di ambil sampelnya terinfeksi virus corona atau tidak, dan kecepatan dan akurasi dari test ini kurang begitu cepat dan akurat.

Selanjutnya test dengan menggunakan alat PCR, cara mengambil sampel dari test covid ini hampir sama dengan pengambilan sampel pada swab test, akan tetapi alat pendeteksinya lebih canggih dan lebih akurat dari swab test biasa tingkat akuratnya hampir 95% dan hasilnya cuga keluar sangat cepat.

Kemudian swab test antigen, test covid ini juga hampir sama dengan swab test biasa, yang menggunakan alat seperti cotton bud yang di masukan ke hidung atau mulut dan selanjutnya di sapukan agar bisa mendapatkan lender sebagai sampelnya, yang membedakan adalah pada sebuah alat yang di gunakan untuk mendeteksi sebuah virus yang masuk ke tubuh pasien. Jika pasien terdapat virus corona maka pasien akan dinayatakan positif terinfeksi.

Dan yang terakhir adalah test cepat molekuler yang sebenarnya caranya juga hampir sama dengan cara swab test pada umumnya, yaitu menggunakan alat seperti cotton bud yang di masukan kehidung atau mulut sehingga bisa mendapatkan sampel lendir dengan cara mengusapkan ke bagian belakang hidung atau mulut. Akan tetapi hasil yang di berikan juga sangat akurat sekali dan hanya membutuhkan waktu 15 menit saja untuk bisa mendapatkan hasilnya.

Kamu juga bisa mendapatkan promo kesehatan dari sehatq.com untuk dari semua jenis test covid tersebut, kamu tinggal lihat saja langsung di website resmi sehatq.com untuk memburu promo tersebut.