Peran Aktif Orang Tua dalam Pendidikan Anak di Era Digital

  • 2 min read
  • Oct 28, 2020
Pendidikan Anak

Pendidikan yang diterima oleh anak tidak selalu di bangku sekolah. Orang tua perlu ikut ambil andil dalam pendidikan mereka sejak dini apalagi di era serba digital. Anda mungkin sudah memikirkan dana pendidikan anak mulai dari sekolah dasar hingga kuliah. Menyiapkan dana saja tidak cukup karena anak perlu dukungan dari kedua orang tuanya.

Dukungan yang diberikan akan membantu pembentukan karakter anak. Anak sangat mudah menyerap apapun yang mereka baca, dengarkan dan juga lihat. Di zaman yang serba mudah dan cepat ini membuat orang tua harus selalu mengawasi apa yang dipelajari oleh anak. Hal ini tidak boleh disepelekan karena sangat menentukan masa depan anak nantinya.

Peranan Orang Tua dalam Mendidik Anak Masa Kini

Gadget menjadi alat yang sangat populer dan bagaikan dua mata pisau. Disisi lain bisa merugikan anak karena banyak konten negatif yang mudah diserap. Disisi lainnya justru bisa membawa dampak positif karena memudahkan anak untuk belajar jarak jauh.

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan orang tua dalam menjalankan peranannya dalam pendidikan anak di era digital berikut ini:

  • Mengawasi Aktivitas Anak

Anak boleh-boleh saja untuk bermain gadget namun orang tua wajib melakukan pengawasan. Batasi penggunaan gadget untuk bermain dan membaginya dengan waktu belajar yang tepat. Jangan lupa untuk memproteksi konten yang bisa diakses oleh anak melalui smartphone.

  • Memperbanyak aktivitas seru

Tidak baik jika anak hanya fokus belajar dan bermain menggunakan smartphone atau laptop. Orang tua harus memperkenalkan aktivitas seru lainnya, seperti berenang, menonton pertunjukan hingga mengikuti kegiatan dalam komunitas. Siapa tahu kegiatan tersebut bisa memperlihatkan bakat anak.

  • Hindari membuat konten tentang anak

Saat ini sudah begitu banyak orang tua yang memamerkan anak mereka di media sosial. Bahkan anak menjadi konten sehari-hari, ini adalah sebuah hal yang salah dan tidak mendidik. Anak bukanlah sebuah konten dan hal ini perlu dihindari oleh semua orang tua.

  • Jangan membandingkan anak

Kesalahan lainnya yang sering dilakukan orang tua adalah membandingkan anak. Apalagi membandingkannya dengan anak orang lain yang memiliki prestasi. Ingat bahwa setiap anak memiliki kemampuan berbeda dan hal ini justru salah dilakukan. Selalu dukung dan cari bakat mereka.

Dukungan orang tua terhadap anak sangatlah penting dan besar. Apalagi dengan biaya pendidikan anak yang kian hari semakin meningkat, tentu orang tua menginginkan yang terbaik bukan?