Ini Dia 6 Langkah Perawatan Luka Kanker di Rumah

  • 2 min read
  • Oct 27, 2020
Perawatan Luka Kanker di Rumah

Penyakit kanker payudara termasuk salah satu jenis kanker yang umum menyerang wanita. Juga salah satu golongan kanker yang cukup mematikan sehingga butuh penanganan secara khusus. Faktanya sendiri ada banyak yang tidak menyadari bahwa sebenarnya mereka menderita penyakit berbahaya ini, sampai pada tahapan serius atau stadium lanjut. Karena sering kali penyakit yang satu ini tidak disertai dengan gejala nyata yang bisa secara mudah dideteksi. Saat sudah masuk pada stadium lanjut inilah kerap kali luka tersebut tidak bisa dengan mudah diobati, bahkan menimbulkan gejala seperti luka yang sulit sembuh.

Perawatan luka kanker ini nyatanya juga tidak bisa dilakukan sembarangan, karena jika sembarangan akan memicu resiko komplikasi, bahkan kondisi yang lebih parah juga dapat terjadi. Hanya saja selai dilakukan perawatan di rumah sakit. Sebenarnya Anda juga dapat melakukan perawatan luka kanker di rumah, sehingga lebih praktis tidak perlu bolak-balik datang ke rumah sakit. Luka karena kanker yang sudah bertambah parah biasanya hanya dapat diatasi dengan cara pengangkatan bagian payudara pasien.

Lalu sebenarnya bagaimanakah cara untuk merawat luka pada penderita kanker payudara ini secara aman? berikut ini diantaranya yang patut Anda ketahui, yaitu:

  1. Menjaga agar pasien tidak dehidrasi, hal penting yang harus dilakukan adalah dengan menjaga agar pasien terhidrasi secara cukup, yaitu menawarkan minum air putih. Ini bagus untuk mencegah agar pasien tidak lemas, juga akan memperburuk kondisi luka.
  2. Rutin dalam membersihkan luka tersebut, menjaga kebersihan luka adalah hal yang penting, karena memang luka yang tidak steril berpotensi untuk menyebabkan infeksi karena bakteri, selain itu juga bisa menyebabkan luka berbau tidak sedap. Itulah mengapa penting membersihkan luka ini secara teratur dengan menggunakan alkohol atau bahan yang diresepkan oleh dokter.
  3. Berikan obat atau salep khusus, selanjutnya adalah dengan memberikan obat-obatan atau salep khusus yang dipakai untuk mempercepat pengeringan luka kanker. Salep ini biasanya sudah diresepkan oleh dokter, setelah dilakukan sterilisasi tersebut, maka akan dilanjutkan dengan pemberian obat-obatan atau salep untuk mempercepat terjadinya penyembuhan luka tersebut.
  4. Menggunakan pakaian yang tepat, agar nantinya luka tersebut tidak sakit karena tertekan, maka gunakan pakaian yang tepat. Diantaranya adalah pakaian yang terbuat dari bahan katun dan juga longgar, hendaknya pakaian tersebut juga tipis sehingga tidak akan menyebabkan gerah.
  5. Rutin mengonsumsi obat yang diberikan dokter, selain obat yang dioleskan ke area luka tersebut. Maka tak kalah penting adalah pemberian obat secara oral. Obat-obatan dari dalam ini bagus untuk membuat mempercepat penyembuhan luka dan mencegah terjadinya komplikasi dan juga dapat mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh luka.
  6. Mandi menggunakan air hangat, ketika mandi maka gunakan air yang hangat kuku dan juga pemilihan sabun tidak boleh sembarangan. Hanya gunakan jenis sabun yang lembut. Lakukan sedikit pemijatan lembut di area sekitarnya, Anda juga bisa menggunakan petroleum jelly yang berguna untuk mencegah kulit kering, hal ini juga dapat memberikan efek relaksasi pada area kulit tersebut.

Itulah beberapa langkah perawatan luka di rumah. Ini bukan jenis penyakit yang dapat disepelekan. Bahkan bagi penderitanya hal tersebut juga dapat menciptakan masalah psikis, mengurangi rasa percaya diri mereka sampai dengan menyebabkan depresi. Sehingga butuh ditemani oleh keluarga dan juga sahabatnya. Jangan lupa untuk kontrol ke dokter secara rutin sampai benar-benar sembuh.