Manfaat Buah Bit untuk Kesehatan yang Wajib Diketahui

  • 2 min read
  • Aug 20, 2020
Buah Bit

Seringkali dikenal dengan warnanya yang cukup mencolok, siapa sangka ternyata buah bit punya segudang manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Meskipun kebanyakan orang menyebutnya sebagai buah, namun rupanya bit termasuk pada jenis umbi-umbian yang pertumbuhannya ada di dalam tanah. Bit ini pun punya banyak sekali kandungan nutrisi baik yang berguna bagi tubuh. Lantas, sebetulnya apa saja manfaat dari bit ini?

Menjaga Kesehatan Jantung

Kehadiran bit memang membawa banyak manfaat bagi tubuh. Salah satunya adalah untuk masalah tekanan darah dan jantung. Dalam bit terdapat kandungan nitrat yang nantinya akan berubah menjadi nitrit oksida saat di dalam tubuh. DI mana zat ini berperan dalam membantu mengatasi masalah tekanan darah tinggi sehingga jadi lebih stabil.

Selain itu, buah bit juga kaya akan antioksidan bersama pigmen betasianin yang menjadikan bit berwarna merah. Perpaduan ini bisa menjadikan bitĀ  berperan sebagai pencegah peradangan bahkan mengurangi efeknya yang biasanya berhubungan dengan penyakit jantung.

Mencegah Kepikunan

Pikun adalah salah satu masalah yang kerapkali menyerang lansia. Meskipun ada juga orang-orang dengan usia produktif yang punya masalah ini. Baik karena faktor gaya hidup yang tidak sehat, atau karena penyakit tertentu. Manfaat lain dari bit adalah rupanya bisa mencegah dan mengatasi masalah kepikunan ini. Seperti yang diketahui, di dalam bit terdapat nitrit. DI mana kandungan ini pun bisa meningkatkan aliran darah beserta oksigen ke otak yang bisa melawan kepikunan.

Sebagai Antiradang

Pada dasarnya peradangan merupakan suatu kondisi yang banyak dirasakan oleh masyarakat. Merupakan suatu respon alami tubuh yang akan tejadi ketika tubuh mengalami infeksi atau adanya antigen asing yang masuk. Meskipun begitu, peradangan yang sering dan berlangsung lama bisa menyebabkan kerusakan jaringan tubuh. Untuk itu, buah bit bisa menekan peradangan dan kerusakan tubuh karena sifatnya yang antiradang.

Baik Bagi Kehamilan

Salah satu hal yang ditakutkan oleh para ibu hamil adalah janin mereka yang cacat dan berkembang tidak sehat. Bahkan, ketika ada masalah tertentu, ibu bisa melahirkan prematur. Namun rupanya, bit yang kita kenal dengan warna merahnya yang pekat bisa berguna sangat baik untuk ibu hamil. Utamanya dalam mencegah cacat pada bagian tabung saraf dan bisa meminimalisir risiko lahir prematur.

Mendukung Kerja Saraf, Otot, hingga Sistem Pencernaan

Di dalam buah bit, terdapat kandungan mineral kalium yang ternyata bisa membantu kinerja saraf dan kerja otot jadi lebih baik. Konsumsi jus bit yang rutin dan sesuai bisa mencegah kekakuan pada otot, kram, hingga mencegah kelelahan dan menstabilkan irama jantung. Kandungan serat dan antioksidannya pun bisa membantu melancarkan sistem pencernaan bahkan mencegah dinding saluran cerna dari kerusakan.

Tak hanya beberapa manfaat tersebut yang dimiliki oleh bit ini, rupanya jenis umbi-umbian ini pun punya peran yang bisa mengatasi masalah diabetes hingga membantu mengatasi masalah kanker. Pasalnya bit bisa membuat tubuh jadi lebih kuat dan tahan terhadap serangan sel-sel abnormal yang bisa bersarang ditubuh dan menekan pertumbuhannya. Ia juga mampu meningkatkan kinerja fisik sehingga lebih kuatĀ  dan tidak mudah lemah.

Nah itulah beberapa manfaat dari buah bit yang luar bisa. Dapatkan juga informasi kesehatan lainnya dengan lengkap melalui aplikasi Halodoc. Merupakan aplikasi terkini yang bisa menjadi solusi kesehatan di Indonesia dengan cara mudah dan antiribet. Konsultasikan masalah kesehatan Anda dengan ahlinya langsung secara realtime melalui chat di aplikasi, hingga dapatkan solusi terbaik untuk rumah sakit, dokter, hingga obat bagi setiap masalah medis yang dimiliki.