Tips Memilih Pembalut yang Aman dan Cara Pemakaian Sesuai Petunjuk Dokter

  • 2 min read
  • Apr 07, 2021
Memilih Pembalut yang Aman

Mulai sekarang hindari pemakaian pembalut yang tidak aman. Karena kesalahan dalam memilih pembalut dapat menyebabkan terjadinya iritasi pada area vagina. Maka dari itu, agar kamu tidak mengalaminya kamu harus tahu ciri-ciri pembalut yang aman, termasuk untuk cara pemakaian yang tepat, resep dari ahli.

Penggunaan pembalut yang tepat dapat memberikan manfaat bagi kesehatan organ kewanitaan. Selain mampu mencegah terjadinya iritasi pada organ kewanitaan, penggunaan pembalut yang benar dan aman juga dapat mencegah terjadinya infeksi. Saya rekomendasikan untuk menggunakan pembalut charm cool, yang dibuat dari bahan yang aman dan pastinya akan melindungi area kewanitaan kamu. Bukan hanya itu pembalut ini juga akan memberikan sensasi dingin saat digunakan jadi akan membuat pemakainya merasa aman jadi aktivitas sehari-hari kamu tidak akan terganggu.

Cara Memilih Pembalut yang Aman

Sesuai dengan peraturan di Negara kita yaitu NKRI, pembalut yang memiliki kategori aman adalah pembalut yang memiliki izin edar dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Ini di karena kan sebelum di edarkan, produk pembalut ini haru lulus uji klinis terlebih dahulu agar tetap aman saat digunakan.

Mungkin kamu tidak tahu persis secara detail tentang uji keamanan dan kesehatan pembalut yang telah di jalankan oleh pemerintah. Namun kamu masih bisa mengikuti tips yang bisa kamu ikuti terkait tips atau cara mengenali dan memilih pembalut yang aman, diantaranya:

  1. Sebelum kamu memutuskan membeli pembalut pastikan pada produk tersebut memiliki tulisan SNI (standar nasional Indonesia).
  2. Kedua pastikan produk tersebut yang kamu beli tidak kadaluwarsa, jadi kamu harus lebih teliti lagi saat memblinya.
  3. Ketiga pastikan bahwa serabut pada pembalut yang kamu beli tidak lepas ketika digunakan serta tidak berbau.
  4. Jangan lupa pastikan kebersihan pembalut yang kamu beli, pastikan juga pembalut yang akan digunakan tidak terpapar kotoran atau debu.

Selain cara diatas, kamu juga disarankan untuk membeli pembalut yang tidak mengandung parfum, deodoran, atau pewangi. Pembalut yang bebas dari berbagai bajan kimia tersebut dijamin lebih ramah lingkungan dan juga untuk area kewanitaan kamu serta kulit. Sehingga akan meminimalkan terjadinya iritasi pada vagina.

Cara Memakai Pembalut dengan Benar

Selain kita mengetahui cara memilih pembalut dengan tepat dan aman, ada baiknya kamu juga tahu cara memakai pembalut tersebut dengan baik dan benar berikut adalah caranya yang telah kita ulas di bawah ini.

  1. Pada masa kamu haid, pasti kamu akan memakai pembalut sebagai alat untuk menahan atau sebagai tempat pembuangan darah kotor yang di hasilkan oleh menstruasi. Untuk itu sebelum kamu menggunakan pembalut, bersihkan vagina kamu dengan air, kemudian keringkan dengan handuk lembut.
  2. Langkah kedua pasangkan pembalut sesuai dengan kebutuhan. Jika kamu merasa menggunakan pembalut yang bersayap itu lebih nyaman. Maka pilihlah pembalut dengan jenis tersebut, jika tidak kamu bisa pakai yang sesuai dengan kenyamanan kamu.
  3. Ketika masa haid kamu harus rutin mengganti pembalut, untuk waktu yang disarankan saat mengganti pembalut adalah sekitar 3-4 jam sekali. Meski dara haid yang dikeluarkan sedang tidak banyak.
  4. Dan yang terakhir jika kondisi menstruasi kamu sedang mengeluarkan darah yang banyak, maka sering-seringlah untuk mengganti pembalut kamu, ini bertujuan agar terhindar dari kebocoran, penumpukan bakteri, serta agar vagina tidak memiliki bau yang tidak sedap.

Mungkin itu saja, yang dapat saya sampaikan mengenai cara memilih pembalut yang aman dan cara memakai pembalut yang benar. Jika kamu masih bingung dalam memilih produk pembalut yang aman untuk digunakan, kamu bisa pilih pembalut charm cool yang sudah banyak di minimarket dan juga totok terdekat.