Senam Jantung Sehat dengan Latihan Yoga

  • 2 min read
  • May 14, 2021
Senam Jantung Sehat

Senam jantung sehat bisa dilakukan melalui pose yoga yang mudah. Implementasi ini adalah cara sehat untuk meningkatkan kelenturan Anda, memperkuat otot Anda, menghilangkan stres, meningkatkan stamina dan meremajakan tubuh Anda.

Latihan yoga dengan pose-pose tertentu menuntut pernapasan dalam yang memacu aliran darah agar lebih sehat. Alat bantu yoga dalam membersihkan tubuh Anda dari dalam ke luar, meningkatkan kekebalan serta memberi manfaat pada berbagai organ. Karena yoga melibatkan serangkaian latihan pernapasan, sistem pernapasan kita adalah yang paling diuntungkan darinya. Pose yoga yang benar mampu menginduksi sirkulasi darah yang tepat dan membantu dalam mengatur berat badan juga. Semua ini bekerja sama untuk mencapai kesehatan jantung yang optimal.

Anjali Mudra

Mulailah dengan duduk bersila di lantai dan satukan kedua telapak tangan dengan jari-jari terentang ke tengah dada (cakra jantung). Ini mewakili harmoni kedua sisi (kanan dan kiri). Sekarang tutup mata Anda dan tarik nafas perlahan, tahan napas selama beberapa menit, lalu buang napas. Lanjutkan pola ini selama beberapa menit.

Pose Prajurit (Virabhadrasana)

Caranya hampir sama seperti melakukan pose gunung, diikuti dengan meregangkan salah satu kaki Anda ke belakang dan dengan kaki lainnya melakukan posisi lunge dengan lutut pada posisi sembilan puluh derajat dan tangan terentang tepat di atas kepala. Letakkan tangan Anda di depan dada dan meluruskan kaki Anda yang diregangkan, mengarahkannya ke luar sementara kaki Anda yang lain masih sembilan puluh derajat dan kedua lengan Anda terentang lebar-lebar. .

Pose Setu Bandhasana

Berbaringlah terlentang dengan tangan terentang ke samping sekarang lipat lutut Anda, rentangkan dan angkat tubuh Anda dari area panggul Anda. Ambil dukungan dari tangan Anda dan tahan posisinya. Ini bekerja dengan sangat baik pada pinggul, paha, perut, dan punggung Anda.

Pose Segitiga (Trikonasana)

Mulailah dengan posisi kaki melebar; keluarkan kaki kananmu. Sekarang regangkan lengan Anda, terbuka lebar mendorong sisi kanan garis pinggang Anda melewati kaki kanan Anda dan perlahan turun, menghadap ke bawah dengan punggung rata. Jaga agar telapak tangan kanan Anda tetap di tanah (Anda dapat memilih untuk meletakkannya di depan kaki kanan atau di belakangnya) atau di atas balok dengan lengan kiri terentang ke atas. Ulangi sisi lainnya.

Savasana

Berbaring telentang dengan mata tertutup, lengan di samping, telapak tangan menghadap ke atas dan kaki terentang. Biarkan pergelangan kaki Anda jatuh ke luar. Kemudian perlahan-lahan mulailah menghirup dan menghembuskan napas saat Anda meleleh lebih dalam ke lantai dengan setiap tarikan nafas. Tetap dalam pose ini minimal 5 menit.

Surya Namaskar

Salah satu asana dasar, paling terkenal dan banyak dipraktikkan adalah surya namaskar yang secara harfiah diterjemahkan menjadi salam matahari. Ini terdiri dari serangkaian dua belas pose yoga berbeda yang berfokus pada berbagai bagian tubuh. Yang membuat surya namaskar bagus untuk seluruh tubuh adalah kenyataan bahwa ia melibatkan dua belas pose berbeda yang tercakup dalam satu – misalnya, pose doa dasar, membungkuk ke depan dan bhujangasana (pose cobra).

Cobra Pose (Bhujangasana)

Asana bekerja di tulang belakang, bahu, perut dan juga membantu menghilangkan stres dan kelelahan. Berbaring tengkurap dengan tangan di samping dada dan perlahan dorong tubuh ke atas. Berkonsentrasilah pada pernapasan Anda dan rasakan regangan di perut Anda serta tulang belakang turun ke bokong Anda.